Pemangkasan Pohon di Matsudo

tree-prunning-2Senin 19 Januari 2015 sepulang dari kampus saya melihat sebuah truk di pinggir jalan. tak jauh dari truk tersebut ada sebuah crane. ternyata mereka sedang memangkas pohon yang berada di sebuah jalan tak jauh dari stasiun Matsuo. sejenak saya terkagum-kagum, motong pohon sampe serius banget gitu ya. ada beberapa hal yang saya amati dari kegiatan memangkas pohon ini.

1. Safety. ternyata alasan keamanan adalah hal utama. memakai crane adalah syarat untuk memangkas pohon agar petugas selamat. di bawah, terdapat penanda agar orang umum menjauh dari truk. selain itu ada juga petugas yang memegang bendera putih dan merah untuk mengatur lalu lintas kendaran. semua itu atas dasar safety.

2. Keindahan. pohon tidak dipangkas begitu saja. pohon sekaligus juga dibentuk rantingnya, sehingga pemangkasan pohon juga sekaligus pembentukan kanopi pohon. dalam foto ini terlihat petugas memangkas pohon sehingga bentuk kanopinya menyerupai cone atau kerucut.

3. Efisiensi terkait musim. musim winter adalah musim yang tepat untuk pemangkasan pohon. hal ini karena pohon menggugurkan dedaunannya dan tersisa ranting dan batang pohon. pada kondisi ini pemangkas pohon tidak terhalang oleh dedaunan. bentuk pohon juga mudah teridentifikasi sehingga pemangkasan lebih efisien.

tree-prunning-34. Efiensi pekerjaan. ranting yang terpotong dan jatuh ke bawah akan segera dimasukkan ke dalam truk. Ranting yang jatuh dimasukkan ke bagian belakang truk dan sehingga pekerjaan rapi tidak meninggalkan sisa ranting atau sampah.

sepertinya nanti pepohonan di jalan ini akan serempak kanopinya berbentuk kerucut atau cone. mari kita lihat nanti ketika bulan April, insyaALLAH akan saya foto kembali seperti apa pepohonan ni ketika musim semi tiba.

tree-prunningtree-prunning-4


by with no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *